Selasa, 18 Maret 2008

Es Batu

1. Klik Tab Create terlebih dulu.
2. Kemudian, tekan tombol Box.
3. Buatlah objek persegi empat di dalam Top Viewport seperti gambar di bawah ini.
4. Kemudian, drag ke arah atas agar persegi empat itu memiliki ketinggian (lihat hasilnya di dalam Perspective Viewport).
5. Kliklah Tab Modify.
6. Pilihlah Modifier List dan gantilah menjadi Normal.
7.Apabila tampilan di dalam Perspective Viewport diperbesar maka akan terlihat bentuk persegi empat seperti ini.
8. Klik Tab Create lagi.
9. Klik pada Standard Primitives.
10. Pilihlah Extended Primitives yang ada di situ.
11. Kliklah ChamferBox.
12. Buat chamfer box seperti gambar di bawah ini pada Perspective Viewport.
13. Klik pada Tab Modify.
14. Atur spesifikasi berikut ini di dalam Parameters rollout:
. Length : 35 cm
· Width : 30
· Height : 20
· Fillet : 1
15. Kemudian, lanjutkan dengan dengan memasukkan angka 25 di kotak Length Segs, Width Segs, dan Height Segs serta 5 di bagian Fillet Segs.
16. Pilih Modifier List lagi dan kali ini, pilihlah Noise.
17. Klik pada kotak cek Fractal yang ada di dalam Parameters rollout dan lanjutkan dengan setting berikut ini:
· Roughness : 0,45
· Iterations : 7,0
18. Masukkan angka 5 di kotak X, Y, serta Z pada bagian Strength.
19. Tekan tombol Enter dan tampilan awal es batu akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Pemberian Material
Apabila proses pembuatan es batu selesai, tugas Anda berikutnya adalah memberi material agar objek tersebut menjadi realistis.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik ikon Material Editor .
2. Pilihlah slot material pertama yang masih kosong.
3. Setelah itu, klik ikon Get Material yang ada di jendela Material Editor tersebut sampai jendela Material/Map Browser muncul.
4. Pilihlah Mtl Library agar tampilan Material/Map Browser menjadi seperti gambar di bawah ini:
5. Klik pilihan Reflection_Chromic (Standard).
6. Klik kotak warna Ambient di dalam Material Editor.
7. Pilih warna abu-abu dengan memasukkan angka 153 di bagian Red, Green, serta Blue.
8. Tekan tombol Close.
9. Klik kotak warna Diffuse.
10. Buatlah warna yang sama (dengan kombinasi RGB 153) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
11. Tekan tombol Close.
12. Kemudian, klik kotak warna Specular.
13. Buat warna abu-abu lebih muda dengan memasukkan angka 170 di kotak Red, Green, dan Blue.
14. Tekanlah tombol Close.
15. Di bagian Extended Parameters, klik pada kotak warna Filter.
16. Buat warna keabu-abuan dengan setting angka 153 di kotak Red, Green, serta Blue.
17. Tekanlah tombol Close.
18. Kemudian, masukkan angka 5 di kotak Amt.
19. Jika sudah, klik pada kotak di samping kanan Opacity.
20. Klik-ganda Falloff di dalam jendela Material/Map Browser.
21. Di bagian Falloff Type, pilihlah Fresnel.
22. Klik ikon Go to Parent.
23. Klik pada kotak cek Bump yang ada di dalam Parameters rollout.
24. Masukkan angka -15 dan tekan tombol None.
25. Klik pada pilihan Noise di dalam jendela Material/Map Browser.
26. Pilihlah Turbulence di bagian Noise Parameters.
27. Masukkan angka 50 di kotak Size yang ada di situ.
28. Setelah itu, klik ikon Go to Parent.
29. Kliklah Refraction dan tekan tombol None.
30. Klik-ganda pada opsi Raytrace.
31. Kemudian, klik lagi ikon Go to Parent.
32. Apabila sudah membuat material untuk es batu, kita klik slot material kedua yang masih kosong.
33. Beri nama “Alas” di tempat tersebut.
34. Klik kotak cek Color.
35. Klik-ganda pada kotak warna yang ada di samping kanannya.
36. Masukkan angka 127 di kotak Red, Green, dan Blue untuk mendapatkan warna abu-abu keputihan.
37. Klik tombol Close.
38. Klik pada material “Reflection_Chromic” yang sudah kita buat sebelumnya.
39. Pastikan objek es batu yang ada di dalam viewport dalam keadaan aktif.
40. Kemudian, klik ikon Assign Material to Selection.
41. Setelah itu, klik pada objek Box01 yang kita buat pertama kali.
42. Klik pada material kedua bernama “Alas”.
43. Klik ikon Assign Material to Selection.
44. Tutup jendela Material Editor.


Penggandaan Objek Es Batu
Agar menarik, Anda bisa menggandakan es batu itu sebagai Copy dalam jumlah yang cukup (pilih menu Edit > Clone). Selanjutnya jika sudah, beri cahaya Omni yang lumayan banyak (kira-kira berjumlah 9 buah) dan posisikan seperti gambar di bawah ini pada Top Viewport.

Akhirnya, Anda bisa mengklik ikon Quick Render dan tunggu beberapa saat sampai proses render selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar